Sabtu, 04 Desember 2010

Tv sharp universe/wonder terprotecsi



Produck Tv sharp banyak sekali populasinya di sekitar kita, diantaranya universe . jika anda tukang service pasti sering mendapatkan servisan tv jenis ini. Chasis tv ini banyak sekali pintu-pintu protecsinya. Sehingga apabila kita menyervice tv ini wajip bagi kita untuk mengetahui. Tempat-tempat protecsinya,ataupun mengetahui pengendali semua protecsi pada pin ic programnya.untuk sharp universe ataupun wonder dengan ic TDA 9381-IX3410 atau IX3368 protecsi tidak hanya pada rangkain atau hardware saja. Namun juga software atau data service. Jika data error juga bisa menyebabkan tv terprotecsi.
Seperti yang pernah saya alami beberapa bulan yang lalu. Saya mendapatkan servisan tv sharp universe dengan kerusakan terprotecsi.segera kubuka dan kuteliti semua komponen dan solderanya. Pertama kulepaskan pangkal protecsinya. Setelah cek sana-sini. Akhirnya kutemukan biang keladinya. Adalah tegangan b+ ke ic vertical output kecil karena molornya nilai R pada jalur dari FBT. Segera saja ku ganti.
Tv saya coba hidupkan, langsung nyala tanpa protecsi. Namun jangka beberapa detik, tv kembali terprotecsi. Waktu hidup layer tv terlihat tidak penuh bagian atas _/+ 4 cm. saya berpikir sejenak…, saya coba ganti ic eprom nya  dengan eprom yang sudah terprogram.
Hasilnya byak…tv hidup normal, tanpa masalah apapun.
Sekian, smoga ada manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar